Minggu, 30 Juli 2017

PAGUYUBAN RT-RW DESA SEKARSARI





Desa sekarsari termasuk dalam kategori desa yang luas di lingkungan kecamatan sumber kab. Rembang. Terdapat 5 pedukuhan di dalamnya, pedukuhan deresan, kandang sapi, semen, sekar arum dan klampok. Wilayahnya berada di perbatasan antara kab. Rembang dan kab. Pati. Memanjang di sekitar aliran sungai Randugunting.

Penduduk desa sekarsari menekuni berbagai macam profesi sebagai sumebr mata pencahariannya. Sebagian besar berprofesi sebagai petani, dimana padi adalah komoditas utama pertaniannya. Selain sebagai petani padi, sebagian masyarkat juga bertanam tebu, singkong, ubi jalar, jagung, dll. Selain petani, terdapat juga sebagia kecil masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang, pegawai negeri, pegawai swasta, dll.
Keberagaman profesi, kondisi geografis dan lingkungan sosial akan melahirkan suatu keragaman dalam berbagai hal, ditambah lagi dengan kemajuan tekhnologi yang pesat, yang secara cepat masuk kedalam lingkungan masyarakat desa, maka pergeseran sosial budaya masyarakat mulai terjadi. Hingga terkadang gesekan di lingkungan masyarakat terjadi.
Perlu dimaklumi bersama bahwa masalah yang dihadapi para Ketua RW dan RT di setiap Desa di wilayah Kabupaten Rembang bahkan diseluruh Indonesia sangat komplek. Dimana RW dan RT merupakan bagian dari Pemerintahan yang berhubungan langsung dengan warga masyarakat.
Dalam upaya menanggulangi dan pemberdayaan RW dan RT kami para Ketua RW yang ada di Desa Sekarsari Kec. Sumber Kab. Rembang berinisiatif untuk membentuk Forum RW dan RT. Forum ini merupakan Lembaga kemasyarakatan yang dapat menerapkan pemberdayaan para pengurus RW dan RT melalui penyadaran kritis para pelaku pembangunan yang mampu menjadi ujung tombak perjuangan warga masyarakat, kreatif, inovatif, mandiri dan berkelanjutan dalam menyuarakan aspirasi serta kebutuhan seluruh warga masyarakat yang ada dalam lingkup Desa Sekarsari Kec. Sumber Kab. Rembang
Usaha mendorong kemandirian dan kemitraan masyarakat bersama Pemerintah Daerah dalam menanggulangi permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat Desa Sekarsari Kec. Sumber Kabupaten Rembang, yaitu membangun para Pengurus RW dan RT yang mampu menjalin kebersamaan, menggali dan mengembangkan potensi yang ada di lingkungan masyarakat serta bersinergi dengan pemerintah, khususnya pemerintah Desa maupun Lembaga-lembaga Kemasyarakatan lain yang peduli terhadap keberadaan RW dan RT di wilayah Desa Sekarsari Kec. Sumber Kabupaten Rembang.
Untuk mencapai harapan ini tentu bukan persoalan yang mudah, dibutuhkan upaya dari semua pihak untuk terus menerus melakukan proses pemberdayaan dengan mensosialisasikan berbagai aspek antara lain :
1.      Aspek Keagamaan
2.      Aspek Lingkungan
3.      Aspek Kesehatan
4.      Aspek Pemerintahan
5.      Aspek Pendidikan
6.      Aspek Keamanan
7.      Aspek tatakelola kepengurusan RW dan RT.    
       Berdasarkan hal tersebut kegiatan sosialisasi mempunyai peranan yang sangat penting sehingga diharapkan adanya kegiatan sosialisasi yang berkelanjutan untuk menjadikan pengurus RW dan RT memiliki kemampuan dan skil dalam pengelolaan RW dan RT yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warganya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to my village

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Blog ini kami dedikasikan untuk perkembangan dan kemajuan desa kami tercinta : DESA SEKARS...